Tau Gak sih? Konten Instagram yang Rapi Bisa Menarik Perhatian Customer

Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang lagi nge-hitz. Gambar-gambar yang bagus dan menarik bisa jadi merupakan alasan kenapa media  sosial ini sangat digandrungi oleh hampir semua kalangan baik, dari anak sekolah hingga para petinggi negeri dan tidak ketinggalan juga para pelaku bisnis Online Shop.

Tapi, sayangnya banyak user khususnya Online Shop yang  tidak terlalu paham bagaimana mengelola konten foto di Instagram. Padahal jika konten Instagram dibuat rapi dan menarik, hal itu bisa membuat calon Customer betah berlama-lama melihat produk yang dijual. Kemungkinan yang akan didapat adalah orderan yang bertambah. Trus gimana cara merapikan isi konten instagram? Yuk simak terus artikel ini.

1.  Pilih dan kategorikan gambar yang akan diposting

Photo by Erik Lucatero on Unsplash

Coba perhatikan feed akun Instagram lainnya? Mereka sengaja menata feed dengan rapi agar enak dipandang. Ada yang sengaja menambahkan border setiap kali posting, menggunakan teknik Flatlays (seni mangambil foto dari atas, misalnya berdiri di atas kursi) dan fokus hanya di subyek yang sama hingga menimbulkan kesan mono. Apappun tema yang ingin diangkat, feed yang rapi bisa muncul jika diposting secara konsisten.

“Tidak ada aturan yang tegas untuk bisa membuat feed yang rapi. Namun yang perlu diperhatikan adalah selalu ikuti tema dan posting secara konsisten.”

Untuk Anda yang baru pertama kali ingin membuat feed menjadi lebih rapi, ada baiknya tentukan tema yang sesuai dengan konsep akun Instagram terlebih dahulu. Tema ini bisa bermacam-macam. Ada yang monoton, colorfull, dengan teknik flatlays, menambahkan border hingga menggunakan filter yang sama. Lalu pilah foto yang sesuai dengan tema. Feed yang rapi bertujuan untuk memudahkan calon customer untuk melihat Instagram Anda sebagai katalog online.

2. Rancang dan buat pola urutan gambar

Photo by rawpixel on Unsplash

Jika Anda belum yakin dengan feed yang akan dihasilkan, sebaiknya Anda desain terlebih dahulu. Bisa secara manual atau dengan bantuan komputer. Jangan diawang-awang yah karena imajinasi mudah terlupakan. Dengan adanya rancangan tersebut, Anda bisa mengatur foto mana yang ingin diposting.

“Dengan merancang terlebih dahulu, Anda seperti memiliki blueprint hasil feed Instagram sehingga tidak perlu takut gambar tidak sesuai dengan tema.”

Jika mengatur secara manual, Anda bisa merancang di kertas dan menentukan polanya. Potong beberapa gambaar pilihan dan tata sedemikian rupa. Bila sudah fix, Anda bisa memberikan keterangan pada foto dalam bentuk jpg. Bisa dalam nomor atau nama yang berurutan agar memudahkan Anda saat memposting di Instagram.

3. Gunakan schedule posting

Photo by Estée Janssens on Unsplash

Saat foto dan rancangan sudah tersedia semua, Anda bisa mulai posting konten. Untuk posting ini memang kadang agak ribet, karena tidak mungkin foto yang dipersiapkan akan langsung di posting semuanya. Cara termudah yaitu dengan menggunakan tools schedule posting, anda tinggal upload dalam sekali waktu dan menjadwal semua postingan Anda sampai beberapa waktu kedepan.

“Schedule posting membantu Anda memposting konten secara konsisten. Posting secara konsisten baik untuk menjaga hubungan dengan followers Anda.”

Jika kamu kewalahan menangani memposting Instagram, ada baiknya kamu menggunakan aplikasi schedule post seperti ActivePost. Dengan menggunakan ActivPost, kamu mendapat kemudahan mencari hashtag efektif dan relevan dengan konten, edit caption dan penjadwalan posting konten. Sehingga kamu tidak perlu susah memposting setiap hari secara manual. Mau merasakan kemudahan ini? Segera aktifkan ActivPost, klik ► https://activpost.net.

4. Tambahkan caption

Photo by Jaelynn Castillo on Unsplash

Pernahkah Anda melihat gambar yang bagus di feed Instagram? Ketika Anda klik gambar tersebut, tidak ada keterangan ataupun caption di bawahnya. Lalu apa yang biasanya orang lakukan dengan gambar itu? Membiarkannya. Ini hal yang sayang sekali. Gambar yang bagus tidak memiliki manfaat tanpa adanya keterangan. Apalagi bila Anda sedang mempromosikan sesuatu.

“Caption di setiap postingan sangat penting. Jangan pelit memberikan info tentang produk Anda.”

Coba bandingkan dengan gambar yang bagus dan memiliki caption lengkap di bawahnya. Lihat berapa banyak orang yang like dan komentar pada kolom komentar. Jelas lebih banyak dari gambar tanpa caption. Jadi, sebaiknya tambahkan caption pada konten Anda. Masukan info produk dengan jelas agar para customer langsung paham dengan apa yang akan dibeli.

5. Jangan lupa hashtag

Photo by rawpixel on Unsplash

Upaya Anda memiliki konten rapi sebenarnya selesai pada poin ke-4. Namun ada baiknya juga Anda menambahkan hashtag pad abagian caption untuk membantu menarik perhatian followers maupun calon konsumen Anda. Hashtag merupakan salah satu kekuatan memposting konten di Instagram. Dengan adanya hashtag, konten Anda akan terhubung dengan berbagai macam orang, komunitas dan lebih banyak lagi pengguna di seluruh dunia. Bahkan Anda bisa menjangkau mereka yang sebelumnya tidak pernah tahu online shop Anda di mana dan apa yang mereka sukai.

“Adanya fitur terbaru Instagram berupa follow hashtags ini cukup efektif untuk saling mendapatkan engagement. Ketika mem-follow hashtags, Anda akan mengetahui hashtag lainnya yang belum pernah Anda ketahui.”

Jika Anda memberikan like pada postingan akun Instagram lain, profil akun Instagram Anda akan masuk ke notifikasi hashtag. Ini yang bisa meningkatkan engagemenat dengan followers karena kemungkinan profil dan postingan Anda akan dilihat semakin banyak audience. Dari sinilah engagement batu akan terjalin.

Demikianlah cara membuat konten Instagram rapi bisa menarik customer. Jika cara di atas belum menghasilkan sesuai yang Anda inginkan, mungkin itu disebabkan karena posting konten yang tidak konsisten. Maksudnya, Anda mengunggah konten tidak teratur sehingga followers tidak lagi antusias menunggu konten, likes tidak banyak dan algoritma Instagram tidak mendeteksi kontenmu dengan cepat.

Tidak ingin hal ini terjadi, kan? Anda perlu bantuan aplikasi schedule post seperti ActivPost yang akan membantu Anda melakukan jadwal posting Instagram secara otomatis. Anda tidak perlu lagi mengupdate konten Instagram secara manual satu persatu setiap harinya. Temukan kemudahan itu dengan mengaktifkan ActivPost. Mau tahu fitur-fitur terbaik lainnya, klik ► https://activpost.net.

Click Here to Leave a Comment Below

Leave a Comment: